Tautan-tautan Akses

Hakim Agung Ruth Bader Ginsburg Dimakamkan


Peti jenazah mendiang Hakim Agung Ruth Bader Ginsburg di Gedung Capitol, di Washington D.C., 25 September 2020. (Foto: Reuters)
Peti jenazah mendiang Hakim Agung Ruth Bader Ginsburg di Gedung Capitol, di Washington D.C., 25 September 2020. (Foto: Reuters)

Hakim Agung Ruth Bader Ginsburg dimakamkan Selasa (29/9) pagi dengn upacara pribadi di Taman Makam Pahlawan di Arlington, Virginia.

Stasiun televisi CNN melaporkan peti jenazahnya dibawa oleh pasukan pengawal Angkatan Darat Amerika dengan “penghormatan penuh bagi keluarga anggota militer.”

Ginsburg dimakamkan di sisi suaminya, veteran Angkatan Darat, Martin Ginsburg, yang meninggal pada 2010.

Jenazah Ginsburg disemayamkan di Mahkamah Agung pada Rabu (23/9) dan Kamis (24/9) sebelum dibawa ke Capitol Hill pada Jumat (25/9) di mana ia menjadi perempuan pertama yang disemayamkan di gedung Kongres itu.

Ginsburg meninggal pada 18 September dalam usia 87 tahun karena kanker pankreas, mengakhiri pengabdiannya selama 27 tahun di Mahkamah Agung.

Pada 26 September Presiden Donald Trump mencalonkan Amy Coney Barrett, yang saat ini menjadi hakim di Pengadilan Banding Sirkuit ke-7 (US Court of Appeals for the Seventh Circuit), untuk menggantikan kedudukan Ginsburg. [em/pp]

XS
SM
MD
LG