Tautan-tautan Akses

Haiti Usahakan Perpanjangan Bantuan Kemanusiaan bagi Warganya di AS


Beberapa warga Haiti di kawasan 'Little Haiti' di Miami, Florida (foto: dok).

Haiti secara resmi meminta Jawatan Imigrasi Amerika memperpanjang 18 bulan program bantuan kemanusiaan bagi warga Haiti yang tinggal di Amerika.

Lebih dari 50.000 warga Haiti mendapat Temporary Protected Status disingkat TPS (Izin Tinggal Sementara) yang akan kedaluwarsa tanggal 22 Januari.

TPS, yang diberikan menyusul gempa tahun 2010 melanda dekat ibu kota Port-au-Prince, mengizinkan mereka tinggal sementara dan boleh bekerja di Amerika, sampai kondisi di tanah air mereka membaik.

Pada bulan Mei, Departemen Keamanan Dalam Negeri Amerika mengumumkan memperpanjang TPS selama enam bulan, bukan minimum satu tahun yang diinginkan oleh pemerintah dan para pendukung Haiti.

Takut dideportasi memicu paling sedikit beberapa ribu imigran Haiti musim panas ini hijrah dan masuk secara gelap, serta mencari suaka di provinsi Quebec yang berbahasa Perancis di Kanada.

Surat permohonan pemerintah Haiti soal perpanjangan TPS itu diajukan ke Departemen Keamanan Dalam Negeri Amerika pada hari Jumat, menurut Miami Herald. [sp]

XS
SM
MD
LG