Tautan-tautan Akses

Hadiah Natal dari Jepang Tiba di Stasiun Antariksa


Dua astronot AS yang bertugas di stasiun antariksa internasional atau ISS (foto: dok).

Sebuah kapsul kargo Jepang yang dijuluki 'Kounotori' atau bangau putih tiba di stasiun antariksa (ISS) Selasa (13/12), membawa perlengkapan dan ada juga hadiah Natal untuk para astronot.

Sebuah pesawat kargo Jepang hari Selasa (13/12) sandar di laboratorium Stasiun Antariksa Internasional yang mengorbit, empat hari setelah peluncuran. Kapsul yang dijuluki Kounotori, atau bangau putih, itu membawa hampir 5 ton makanan, air, baterei dan perlengkapan lainnya. NASA mengatakan ada juga hadiah Natal untuk dua astronot Amerika, satu astronot Perancis, dan tiga kosmonot Rusia di stasiun itu.

Hampir dua pekan lalu, sebuah pesawat perbekalan Rusia hancur tidak lama setelah lepas landas. Pada waktu bersamaan, salah satu pesawat pemasok utama NASA, SpaceX, tidak lagi diterbangkan. Oleh karena itu, pengiriman perbekalan yang dilakukan oleh Jepang itu disambut dengan baik.

Awak di stasiun internasional itu memerlukan enam baterai lithium-ion baru untuk melakukan spacewalk, yakni kegiatan di luar stasiun bulan depan. Mereka akan menggantikan baterai nikel-hidrogen tua yang menyimpan energi yang dihasilkan oleh panel surya berukuran besar di stasiun itu. [lt]

XS
SM
MD
LG