Tautan-tautan Akses

Gugatan Eminem Terhadap Partai Selandia Baru Berakhir


Eminem saat tampil di panggung BET Awards , 27 Juni 2010 di Los Angeles. (AP Photo/Matt Sayles)

"Naikkan volumenya," kata hakim kepada para pengacara dalam sebuah kasus yang melibatkan lagu Eminem: “Saya tidak malu dengan musik yang keras.”

Itu adalah salah satu dari banyak momen yang unik dalam sidang selama dua minggu yang berakhir Jumat di Pengadilan Tinggi Wellington. Hakim mungkin butuh waktu berbulan-bulan untuk membuat keputusan dalam kasus di mana penerbit musik Detroit menggugat partai politik konservatif yang berkuasa di Selandia Baru atas pelanggaran hak cipta.

Hakim dan sejumlah pengacara terkenal mendengarkan dengan saksama lagu rap yang berisi banyak ujaran kotor itu. Mereka juga mendengarkan kesamaan antara lagu klasik seperti ‘La Bamba’ dan ‘Twist and Shout.’

Yang menjadi isu adalah penggunaan lagu "Eminem Esque" oleh Partai Nasional dalam iklan kampanye televisi 2014 yang ditayangkan 186 kali sebelum ditarik. Penerbit ‘Eight Mile Style’ mengatakan lagu itu diambil dari lagu terkenal rapper itu pada 2002 ‘Lose Yourself,’ sementara partai tersebut mengatakan lagu itu terinspirasi oleh lagu Eminem tapi berbeda.

Pengacara Partai Nasional Greg Arthur mengatakan bahwa tidak banyak yang orisinal dalam musik ‘Lose Yourself’ dan industri musik sudah biasa membuat lagu yang 'terdengar mirip' tapi cukup berbeda untuk menghindari masalah hak cipta.

Tapi Hakim Helen Cull mengajukan beberapa pengamatan saat Arthur menyampaikan kesimpulan itu. Hakim itu mengatakan saat kedua lagu itu diputar bersamaan, mereka terdengar hampir sezaman.

Penerbit musik itu menuntut ganti rugi finansial dalam jumlah yang tidak diungkapkan dan sebuah pengakuan dari pengadilan bahwa Partai Nasional melanggar hak cipta. Hakim berniat mengambil waktu hingga tiga bulan untuk meninjau ulang kasus tersebut sebelum mengeluarkan keputusannya. [as]

XS
SM
MD
LG