Tautan-tautan Akses

AS

Gubernur California: Sensus Kewarganegaraan akan Rugikan Negara Bagiannya


ARSIP – Gubernur California, Gavin Newsom, kiri diapit oleh Jaksa Agung, Xavier Becerra, kanan, menjawan pertanyaan dalam sebuah konferensi pers di Sacramento, California, 15 Februari 2019 (foto: AP Photo/Rich Pedroncelli)

Gubernur California Gavin Newsom mengatakan negara bagiannya akan paling terimbas jika pertanyaan kewarganegaraan diizinkan dalam sensus tahun depan."Ini dimaksudkan untuk merugikan negara bagian biru atau negara bagian yang mayoritas penduduknya mendukung Partai Demokrat seperti California," katanya.

Hakim Mahkamah Agung yang konservatif pada hari Selasa sebagian besar diam ketika pengacara pemerintahan Trump membela rencana pemerintah untuk mengajukan pertanyaan tentang kewarganegaraan pada sensus 2020, mengindikasikan mayoritas MA mungkin cenderung memihak pemerintah.

Para pengecam mengatakan, menambahkan pertanyaan itu akan membuat banyak imigran enggan untuk dihitung, yang mengarah pada perhitungan yang tidak akurat. Hakim liberal mencecar pengacara senior pemerintahan dengan pertanyaan-pertanyaan ketika pengadilan mulai mendengar argumen selama lebih dari satu jam mengenai kasus tersebut.

Tetapi pihak liberal di MA akan kekurangan suara untuk menghentikan rencana itu tanpa dukungan setidaknya dari satu hakim agung konservatif.

Keputusan MA akan berdampak pada jumlah kursi negara bagian di DPR dan alokasi dana federal mereka selama 10 tahun mendatang.

Tiga pengadilan federal telah menghalangi Departemen Perdagangan menambahkan pertanyaan kewarganegaraan itu. [my]

XS
SM
MD
LG