Tautan-tautan Akses

Guaido Serukan Demonstrasi di Venezuela Jelang Kepulangannya


Pemimpin oposisi Venezuela yang memproklamirkan dirinya sebagai presiden sementara, Juan Guaido (tengah) berpose degan seorang bayi sebelum meninggalkan hotel di Salinas, Ekuador, 3 Maret 2019 (foto: Rodrigo Buendia/AFP)

Pemimpin oposisi Venezuela Juan Guaido meminta rakyat Venezuela turun ke jalan pada hari Senin bertepatan dengan jadwal kepulangannya setelah melawat ke sekutu-sekutunya di Amerika Latin.

"Saya mengumumkan kepulangan saya. Saya menyerukan kepada rakyat Venezuela untuk memobilisasi di seluruh negara besok pukul 11.00 (1500 GMT)," tulis Guaido di Twitter.

Pemimpin oposisi itu diperkirakan akan tiba di Caracas, Senin. Hari Minggu, ia meninggalkan kota pantai Salinas di Ekuador dengan sebuah pesawat angkatan udara Ekuador setelah bertemu dengan Presiden Ekuador Lenin Moreno. Rencana perjalanannya tidak diumumkan, tetapi seorang juru bicara mengatakan Guaido akan berada di Caracas tepat pada musim Karnaval, yang dimulai Senin.

Guaido memperkirakan akan ditangkap setelah kembali.

Guaido, yang diakui oleh AS dan 50 negara lainnya sebagai pemimpin sementara Venezuela, memimpin Majelis Nasional Venezuela. Ia menggunakan wewenangnya memberlakukan konstitusi untuk menyatakan kepemimpinan Presiden Nicolas Maduro tidak sah karena kecurangan pemilu dan menyatakan dirinya sebagai presiden sementara.

Pekan lalu Guaido bertemu dengan Wakil Presiden AS Mike Pence dan para pemimpin regional lainnya di Bogota, Kolombia, dan kemudian melakukan perjalanan ke Brasil dan Paraguay. [my]

Recommended

XS
SM
MD
LG