Tautan-tautan Akses

DK PBB Gagal Capai Konsensus untuk Selesaikan Krisis Venezuela


Anggota Dewan Keamanan PBB melakukan voting untuk rancangan resolusi PBB yang meminta pemilu presiden yang adil dan bebas di Venezuela, di Markas PBB di New York, 28 Februari 2019.

Dewan Keamanan PBB menolak rancangan resolusi yang disponsor Amerika mengenai Venezuela yang mendukung pemimpin oposisi Juan Guaido, dan rancangan resolusi yang disponsori Rusia mendukung Presiden Nicolas Maduro, kantor berita Associated Press melaporkan.

Resolusi Amerika mendapat dukungan minimum 9 suara di Dewan yang beranggotakan 15 negara tetapi diveto oleh Rusia dan China.

Sedang resolusi Rusia didukung empat suara, ditentang tujuh suara, sedang empat suara abstain.

Resolusi Amerika meminta agar demokrasi dipulihkan dengan tenteram di Venezuela, diadakan pemilihan presiden yang adil dan bebas, dan bantuan kemanusiaan yang dibutuhkan rakyat di sana diizinkan masuk.

Resolusi Rusia menyatakan kekhawatiran atas adanya ancaman penggunaan kekerasan terhadap Venezuela dan campur tangan dalam urusan dalam negeri negara itu dan menegaskan lagi bahwa adalah urusan negara itu untuk mengusahakan bantuan internasional. [al]

XS
SM
MD
LG