Tautan-tautan Akses

Grandmaster Catur Iran-Amerika Desak Pemain Iran Nasional Berhenti


Grandmaster catur Iran-Amerika, Elshan Moradi. (Foto: dok).

Seorang grandmaster catur Amerika keturunan Iran mendesak sesama pecatur di negara asalnya Iran agar mempertimbangkan berkompetisi di bawah naungan yang netral dari badan pengatur pertandingan global jika Iran menangguhkan keikutsertaan federasi catur nasional Iran bulan depan sebagai tekanan untuk memboikot keikutsertaan Israel.

Dalam wawancara VOA pada 13 November 2020, Elshan Moradi yang tinggal di North Carolina mengemukakan prioritas paling penting bagi calon-calon master catur di Iran adalah bahwa mereka harus menemukan cara untuk terus terlibat dalam kompetisi internasional secara independen dari Federasi Catur Iran.

Federasi Catur Internasional yang dikenal sebagai FIDE, akan mempertimbangkan suatu resolusi pada pertemuan 6 Desember mendatang terkait untuk melarang keikutsertaan federasi catur Iran kecuali jika negara itu menyetujui secara terbuka bahwa para pecaturnya boleh berhadapan dengan pecatur dari Israel, musuh regional Teheran.

Pekan lalu Grandmaster Inggris dan wakil presiden FIDE Nigel Short menyatakan kepada VOA pengajuan resolusi itu sebagai tanggapan atas skema yang dilakukan beberapa pejabat Iran dalam menekan para pemain caturnya agar memboikot warga Israel dalam beberapa tahun terakhir, suatu tindakan yang melanggar aturan FIDE.

Penguasa Islamis Iran telah meminta para atlet Iran untuk menghindari kompetisi melawan atlet Israel selama beberapa dekade dan memuji mereka yang mundur dari kompetisi itu sebagai pahlawan. [mg/lt]

XS
SM
MD
LG