Tautan-tautan Akses

Google Layani Jasa Internet di Tiongkok lewat Hongkong


Google mengatakan tidak lagi menyensor layanannya dan tidak mentolerir “pemblokiran yang terus menerus“ oleh pemerintah Tiongkok.

Perusahaan internet Google mengumumkan akan menyelenggarakan layanannya di Tiongkok melalui servernya di Hongkong untuk mengelakkan tuntutan agar Google menyensor informasi yang diberikan kepada pengguna internet di Tiongkok.

Google hari Senin dalam blog resminya mengatakan pihaknya tidak lagi menyensor layanannya dan tidak mentolerir “pemblokiran yang terus menerus“ terhadap sejumlah situs seperti facebook dan Youtube.

Tambah Google, penyelenggaran melalui Hongkong itu “sepenuhnya legal”. Para pemimpin perusahaan itu mengatakan mereka menyadari Tiongkok bisa memblokir seluruh akses layanan Google namun berharap Beijing menghormati keputusan mereka.

Google pada bulan Januari mengumumkan akan mempertimbangkan penutupan jasa mesin pencari dan kegiatan lainnya di Tiongkok karena isu-isu keamanan online dan kebijakan sensor ketat Beijing.

Kantor berita resmi Tiongkok menuduh Google bertindak sebagai alat pemerintah Amerika yang mencoba menyusupi budaya dan nilai-nilai bangsa Tiongkok.

XS
SM
MD
LG