Tautan-tautan Akses

GM Kanada Pindahkan Lebih dari 600 Pekerjaan ke Meksiko


Markas General Motors di Detroit (Foto: ilustrasi)

General Motors Kanada mengurangi 625 pegawai di pabrik perakitannya dekat London, Ontario dan memindahkan pekerjaan itu ke Meksiko, dimana upah buruh lebih murah, kata juru bicara serikat buruh GM Kanada hari Jumat.

Juru bicara Unifor Local 88 Mike Van Boekel mengatakan pemberhentian karyawan akan diberlakukan bulan Juli di pabrik Perakitan CAMI di Ingersoll, yang kini mempekerjakan 2.800 orang.

Presiden nasional Unifor, Jerry Dias, mengatakan keputusan itu "menunjukkan keserakahan korporat" dan merupakan tanda jelas bahwa Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara (NAFTA) harus dirundingkan kembali.

Presiden AS Donald Trump telah memberitahu Meksiko dan Canada bahwa dia ingin merundingkan kembali NAFTA, atau bahkan menghapuskannya.

Trump telah menyebut NAFTA sebagai perjanjian perdagangan terburuk yang ditandatangani AS. Dia bertemu dengan kepala eksekutif dari tiga produsen otomotif besar AS awal pekan ini, mendesak mereka untuk membangun lebih banyak pabrik di AS dan berinvestasi lebih sedikit di Meksiko. [vm/ii]

XS
SM
MD
LG