Tautan-tautan Akses

Gencatan Senjata Suriah Dimaksudkan untuk Tenangkan Yordania dan Israel


Pesawat jet milik Angkatan Udara Kerajaan Saudi terlihat diparkir di bandara MIliter Incirlik, Turki, 26 Februari 2016. (Foto: dok).

Gencatan senjata di bagian selatan Suriah, yang diperantarai Amerika dan Rusia, dimaksudkan untuk membantu mengurangi keprihatinan yang meningkat negara-negara tetangga Yordania dan Israel mengenai ambisi militer Iran di daerah itu.

Ini mencakup kekhawatiran bahwa Teheran berencana menegakkan kehadiran jangka-panjang dekat perbatasan Yordania dan Israel.

Kekhawatiran timbul oleh pergerakan baru-baru ini milisi antek Iran yang turut bertempur membantu pasukan pemerintah Suriah ke arah perbatasan Yordania dengan Suriah.

Gencatan senjata itu mulai Minggu tengah hari. Ini dimaksudkan untuk menjaga supaya semua pasukan tetap berada dalam kedudukan mereka yang sekarang, mencegah antara lain majunya pasukan-pasukan yang dibawah komando Iran.

Seorang pejabat Yordania mengatakan hari Sabtu bahwa gencatan senjata itu akan dipantau melalui satelit dan gambar-gambar drone, serta peninjau di darat. Rusia akan menempatkan polisi militer. [ps]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG