Tautan-tautan Akses

Amerika-Rusia Bahas Gencatan Senjata Suriah


Menlu AS Rex Tillerson dan Menlu Rusia Sergei Lavrov sebelum pertemuan bilateral meraka di Wisma Tamu Osobnyak di Moskow, Rusia, 12 April 2017.

Dalam pembicaraannya mengenai krisis Suriah lewat telpon, baik Menteri Luar Negeri Amerika Rex Tillerson dan Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov sepakat akan perlunya menegakkan gencata senjata di Suriah, memerangi kelompok ekstremis dan mencegah penggunaan senjata kimia.

Menteri Luar Negeri Amerika Rex Tillerson dan Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov hari Senin membicarakan krisis Suriah lewat telpon. Keduanya berpendapat perlunya menegakkan gencata senjata di Suriah, memerangi kelompok ekstremis dan mencegah penggunaan senjata kimia.

Selain itu Lavrov mendesak Washington mengambil langkah-langkah untuk tidak memprovokasi pasukan Suriah yang memerangi teroris.

Moskow sangat marah ketika Amerika menembak jatuh jet tempur Suriah pekan lalu karena menggempur pasukan demokratik Suriah dukungan Amerika yang sedang melancarkan operasi terhadap negara Islam ISIS.

Rusia mengingatkan, militernya akan melacak pesawat koalisi pimpinan Amerika yang terbang di atas Suriah sebagai sasaran dan membekukan hubungan hotline yang bertujuan menghindari terjadi insiden di udara. [ps/al]

XS
SM
MD
LG