Tautan-tautan Akses

Gempa Kuat Guncang Teluk Tomini, Sulut


Peta Sulawesi (Foto: Google)
Peta Sulawesi (Foto: Google)

Sebuah gempa bumi kuat mengguncang Teluk Tomini, Sulawesi Utara, Selasa (23/6). Tidak ada korban cedera dan kerusakan serius dilaporkan, dan tidak ada peringatan tsunami dikeluarkan.

Survei Geologi AS (USGS) mengatakan, gempa berkekuatan 5,9 skala Richter itu terjadi pada kedalaman 102 kilometer dan berpusat di kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, sekitar 97 kilometer dari Gorontalo pada pukul 14.43 waktu setempat. Gempa itu juga dirasakan di Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tengah.

“Gempa berlangsung selama sedikitnya 15 detik. Orang-orang berlarian ke luar rumah karena ketakutan,” kata Mahyudin Binol, pejabat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Bolaang Mongondow Selatan.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG (Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika) Rahmat Triyono mengatakan, dengan mempertimbangkan lokasi episentrum dan kedalaman hiposentrumnya, gempa ini merupakan jenis gempa bumi menengah akibat aktivitas subduksi di bawah Sulawesi Utara.

Kendati hasil pemodelan BMKG tidak menunjukkan bahwa gempa itu berpotensi menimbulkan tsunami, guncangannya terasa di sejumlah wilayah sekitar. Di Bone Bolango, Bolaang Uki, dan Luwuk, gempa bumi ini terasa dengan skala intensitas IV MMI (modified mercally intensity). Sementara itu, di daerah Gorontalo, Lolak, Ampana, Minahasa Tenggara, dan Tutuyan, gempa terasa dengan skala intensitas III hingga IV MMI.

Indonesia sering dilanda gempa bumi dan letusan gunung merapi karena terletak di Cincin Api Pasifik dan di atas tiga lempeng tektonik aktif. [ab/uh]

Recommended

XS
SM
MD
LG