Tautan-tautan Akses

Gempa Kuat Guncang Pulau Crete, Yunani


Sebuah mobil yang hancur terlihat berada di bawah puing-puing di dekat pelabuhan pulau Yunani Kos, 22 Juli 2017. (Foto: dok). Pulau Crete, Yunani Selatan, diguncang gempa berskala 6 SR, Rabu (27/11)

Sebuah gempa bawah laut yang kuat menguncang Pulau Crete, Yunani Selatan, Rabu (27/11). Gempa kuat itu terasa hingga daratan utama Yunani, namun belum ada laporan mengenai korban jiwa atau kerusakan.

Survai Geologi Amerika (USGS) memperkirakan gempa itu berkekuatan 6 Skala Richter (SR) sementara Institut Geodinamika Yunani menduga 6,1 SR.

Gempa itu terjadi pada pukul 9.23 pagi waktu setempat dan pada kedalaman 71 kilometer. Gempa tersebut dirasakan di berbagai wilayah di Yunani, termasuk ibukota, Athena.

Media-media melaporkan, guncangan yang dirasakan membuat banyak orang panik dan berlarian ke jalan.

“Gempa pada kedalaman seperti ini biasanya adalah gempa tunggal. Dan tidak dikuti gempa susulan,” kata Seismolog Efthimis Lekkas, ketua organisasi Penanganan dan Perlindungan Gempa Yunani, mengenai gempa di bagian selatan Yunani itu. “Jadi tidak ada hal serius yang perlu dikhawatirkan.”

Pihak berwenang di Pulau Kythira, yang terletak dekat pusat gempa, memerintahkan sekolah-sekolah untuk tutup hari ini sebagai langkah pencegahan. [ab/lt]

Recommended

XS
SM
MD
LG