Tautan-tautan Akses

Gempa 7,4 SR di Donggala Picu Tsunami


Peta Sulawesi dan letak episenter gempa. (Foto: Google)

Gempa berkekuatan 7,4 SR mengguncang Donggala, Sukawesi Tengah, Jumat pagi (28/9). Pusat gempa terletak pada 11 kilometer timur laut Donggala.

BMKG sebelumnya menyatakan gempa itu berkekuatan 7,7. Tetapi dalam konferensi pers di Jakarta beberapa menit lalu, BMKG melaporkan bahwa kekuatan gempa menjadi 7,4. “Dengan masih bertambahnya sensor gempa yang terkumpul beberapa menit kemudian, maka parameter gempa kami perbaiki. Kami mutakhirkan menjadi magnito 7,4,” ujar Kepala BMKG Dwikorita Karnawati. Ditambahkannya, gempa juga menimbulkan tsunami dengan ketinggian lebih dari 0,5 meter.

Pasien dievakuasi dari rumah sakit pasca gempa kuat di Poso, Sulawesi Tengah, Indonesia, Jumat, 28 September 2018.
Pasien dievakuasi dari rumah sakit pasca gempa kuat di Poso, Sulawesi Tengah, Indonesia, Jumat, 28 September 2018.

BMKG mengatakan sumber gempa berasal dari Sesae Palu Koro dan lima menit setelah gempa dahsyat ini terjadi, peringatan tsunami pun langsung diaktifkan, terutama di daerah Donggala bagian barat dan utara, Mamuju bagian utara dan Palu bagian barat.Warga di Donggala dan Palu yang panik berlarian ke jalan-jalan dan segera mengungsi ke tempat yang lebih tinggi setelah peringatan tsunami diaktifkan. Kedua kabupaten ini merupakan daerah yang paling terdampak, demikian pula daerah2 seperti Parigi, Kasimbar, Tobolf, Toribulu, Dongkalang, Sabang dan Tinombo.

BMKG mengimbau warga untuk waspada dan tidak berada di dalam rumah atau bangunan malam ini agar tidak tertimpa bangunan akibat gempa susulan yang masih terus terjadi. Warga juga diminta menghindari lereng perbukitan yang mudah longsor.

Dua jam terakhir sebelum laporan ini diturunkan, VOA berupaya menghubungi sejumlah warga di Donggala dan Palu, terapi belum berhasil. Informasi sementara menunjukkan seluruh jaringan listrik dan komunikasi di kedua kabupaten itu terputus, kecuali di Mamuju. [em]

Recommended

XS
SM
MD
LG