Tautan-tautan Akses

Gempa 5,6 SR Guncang Albania


Sebuah gempa di Iran. (Foto: MizanOnLine)

Gempa bumi dengan kekuatan awal 5,6 SR dan juga gempa susulan melanda Albania pada hari Sabtu (21/9). Gempa yang mengguncang sejumlah bangunan di Tirana, Ibu Kota Albania itu disebut Kementerian Pertahanan sebagai gempa paling kuat yang terjadi selama 30 tahun terakhir.

“Semua tetangga kami keluar menjerit. Syukur lah, tidak berlangsung lama, sekitar 20 detik. Ini adalah mimpi buruk di lantai 10," ujar Agim, seorang pensiunan di Tirana berusia 67 tahun, seperti yang dikutip dari Reuters.

Menteri Kesehatan Ogerta Manastirliu mengatakan 68 orang telah dirawat karena cedera di Tirana dan Durres. Sebagian besar terluka saat berlari keluar dari rumah mereka karena panik.

Banyak dari mereka telah dipulangkan setelah perawatan, katanya.

Di wilayah Tirana, 48 rumah dan tiga bangunan apartemen mengalami keretakan. Sementara di wilayah Durres, 42 rumah dan empat bangunan apartemen rusak, jelas Menteri Pertahanan Olta Xhacka.

"Yang terpenting, tidak ada korban jiwa," tambahnya.

Dua puluh bangunan rusak di daerah lain.

Survei Geologi AS menunjukkan gempa tersebut memiliki kekuatan awal 5,6, SR. Sementara Institut Geosains Albania melaporkan angka 5,8 SR, dengan gempa susulan 11 menit kemudian berkekuatan 5,3 SR.

Satu gedung apartemen di Durres rusak berat, dengan retakan terjadi dari lantai enam hingga ke tanah.

Sebuah bangunan tua di Tirana dievakuasi setelah retakan muncul di dindingnya, sementara puing-puing dari atap yang jatuh dapat terlihat berserakan di halaman di Fakultas Geologi Universitas Tirana. [ah/ft]

Recommended

XS
SM
MD
LG