Tautan-tautan Akses

Gelombang Panas Picu Badai Besar, Pemadaman Listrik di Tenggara AS


Pemandangan awan badai yang bergerak di wilayah Beaver, Oklahoma, pada 17 Juni 2023, dalam potongan gambar yang diambil dari video yang beredar di media sosial. (Foto: Thea Sandmael via Reuters)
Pemandangan awan badai yang bergerak di wilayah Beaver, Oklahoma, pada 17 Juni 2023, dalam potongan gambar yang diambil dari video yang beredar di media sosial. (Foto: Thea Sandmael via Reuters)

Badan perkiraan cuaca memperingatkan warga yang merayakan Hari Ayah di luar rumah untuk berhati-hati karena suhu yang mencapai tiga digit telah mendorong dikeluarkannya peringatan suhu panas di sebagian besar wilayah Amerika Serikat bagian selatan. Kondisi yang tidak stabil memicu badai petir yang telah memadamkan aliran listrik mulai dari Oklahoma hingga Mississippi.

Kondisi cuaca juga telah menyebabkan angin kencang di Barat Daya yang meningkatkan ancaman kebakaran lahan di Arizona dan New Mexico.

Tornado diperkirakan melanda dekat Scranton, Arkansas, pada Minggu (18/6) pagi, menumbangkan pohon hingga rumah, lapor Badan Cuaca Nasional. Belum ada laporan mengenai cedera serius.

Laporan-laporan menunjukkan lebih dari 740.000 warga mengalami pemadaman listrik di Oklahoma, Texas, Louisiana, Arkansas, dan Mississippi, menurut data yang dihimpun oleh PowerOutage.us.

Sejumlah ahli meteorologi mengatakan kemungkinan suhu tinggi dengan tingkat yang terus menanjak akan terus berlangsung sepanjang pertengahan minggu ini di wilayah selatan Texas dan sejumlah wilayah pesisir teluk Meksiko. Badai yang memproduksi angin, hujan hingga tornado diperkirakan akan menyerang wilayah dataran rendah Lembah Mississippi.

Di Florida, badan layanan cuaca mengeluarkan peringatan soal suhu udara yang tinggi pada hari Minggu, kali ini khusus untuk wilayah Florida Keys. Badan perkiraan cuaca mengatakan pembacaaan indeks panas, yang merupakan kombinasi antara suhu dan kelembaban yang tinggi, dapat mencapai 42 hingga 45 derajat Celsius di sejumlah tempat seperti Key Largo, Marathon dan Key West. [my/jm/rs]

Forum

XS
SM
MD
LG