Tautan-tautan Akses

AS

Jubir Gedung Putih: Tak Masalah Nunes Tangani Penyelidikan Rusia


Juru bicara Gedung Putih Sean Spicer (foto: dok).

Juru bicara Gedung Putih Sean Spicer hari Rabu (29/3) mengatakan ia tidak menganggap “bermasalah” Ketua Komite Intelijen DPR Devin Nunes menangani penyelidikan intervensi Rusia dalam pemilu Amerika bulan November lalu.

“Saya tidak melihat itu bermasalah,” kata Spicer kepada wartawan dalam konferensi pers harian di Gedung Putih.

Nunes yang bermasalah hari Selasa (28/3) membuat penyelidikan yang sebelumnya bipartisan dipertanyakan ketika ia menolak seruan pengunduran dirinya dan menghentikan kerja komite itu sampai akhir pekan.

Spicer mengatakan beberapa langkah dalam proses penyelidikan itu “perlu waktu” dan Gedung Putih “tidak mempermasalahkannya”.

Pertemuan tertutup yang ditunggu-tunggu dengan Direktur FBI James Comey dan Direktur NSA Laksamana Mike Rogers ditunda, memperdalam frustrasi kalangan Demokrat yang mengatakan, “Tindakan Nunes selama satu setengah minggu lalu membahayakan kredibilitas dan melemahkan kemampuannya untuk memimpin penyelidikan itu."

Nunes bertemu dengan seseorang di Gedung Putih sebelum mengungkapkan minggu lalu bahwa anggota tim transisi Presiden Donald Trump terlibat dalam pemantauan “insidental, kata juru bicaranya yang menambahkan bahwa Nunes ingin “dekat dengan lokasi aman di mana ia bisa menyaksikan informasi diberikan oleh sumber.”

Pengungkapan itu menyebabkan anggota komite dari Partai Demokrat Adam Schiff mengimbau Nunes untuk mundur dari penyelidikan Rusia itu.

“Mengapa saya harus mundur?,” tanya Nunes kepada sejumlah wartawan di Capitol hari Selasa.

“Semuanya berjalan apa adanya” tambahnya dengan mengatakan menjadwalkan sidang terbuka merupakan “langkah pertama yang logis” setelah bertemu dengan Comey.

Tapi pihak Demokrat mengatakan tugas komite itu telah macet.

“Mengatakan bahwa kita perlu mendengar dari Comey dan Rogers adalah mengatakan bahwa hanya ada dua jam dalam sehari dan kita harus membuat keputusan” kata Eric Swallwell, seorang anggota komite dari Partai Demokrat, “Kita bisa melakukan keduanya,” imbuhnya.

Swallwell mengatakan, ia meminta Nunes untuk bertemu dengan semua anggota komite untuk meredakan situasi.

“Duduk bersama dan berbicara mengenai apa yang ia lihat, dari mana ia menerimanya dan relevansinya dengan apa yang kita ingin lalukan dengan penyelidikan Rusia. Saya kira itu akan mengurangi banyak ketegangan dalam proses ini,” katanya. [my/ds]

XS
SM
MD
LG