Tautan-tautan Akses

AS

Gedung Putih Tunjuk Pakar AIDS sebagai Koordinator Penanganan Virus Korona


Deborah (Debbie) Birx ditunjuk sebagai koordinator penanganan virus korona Gedung Putih.

Wakil Presiden AS Mike Pence hari Kamis (27/2) menunjuk Debbie Birx, seorang ahli kesehatan internasional, untuk menjadi koordinator penanganan virus korona Gedung Putih. Birx akan membantu upaya pemerintah dalam melawan penyebaran wabah itu di Amerika.

Birx adalah seorang dokter dan duta besar khusus Amerika di Departemen Luar Negeri. Dia menjabat sebagai kepala pencegahan penyebaran global HIV/AIDS.

Birx akan melapor kepada Pence, yang ditunjuk Presiden Donald Trump Rabu lalu untuk mengawasi upaya pemerintah AS dalam merespon krisis kesehatan global ini, serta bergabung dengan satgas khusus yang dipimpin oleh Menteri Kesehatan, Alex Azar.

Sejauh ini ada 60 penderita virus korona di Amerika Serikat. Tiga orang di antaranya pernah ke Wuhan, Tiongkok. Sementara 42 lainnya di bawa ke Amerika setelah berada di kapal pesiar di mana ratusan orang terjangkit ketika penumpang kapal itu menjalani karantina di Jepang.

Presiden telah meminta Kongres 2,5 miliar dolar AS atau sekitar 3,5 triliun rupiah untuk menghadapi virus korona. Sebelumnya, Pemimpin Senat Minoritas Chuck Schumer mengajukan usul 8.5 miliar dolar AS atau sekitar 12 triliun rupiah untuk upaya itu, setelah mengkritik dana yang diminta Trump terlalu sedikit, dan terlalu lambat untuk menghadapi wabah ini. [ti/ii]

XS
SM
MD
LG