Tautan-tautan Akses

AS

Gedung Putih: Trump Tak Beberkan Informasi Intelijen kepada Rusia


Penasihat keamanan nasional Amerika, H.R. McMaster memberikan keterangan kepada media di Gedung Putih, Selasa (16/5).

Penasihat keamanan nasional Amerika H.R. McMaster mengatakan Selasa (16/5) bahwa informasi tentang terorisme dan ancaman terhadap penerbangan internasional yang katanya diutarakan Presiden Donald Trump kepada diplomat-diplomat Rusia minggu lalu adalah wajar, dan tidak membeberkan sumber-sumber intelijen Amerika.

McMaster mempertahankan pernyataannya sehari sebelumnya, bahwa laporan berita media Amerika itu tidak benar, yakni bahwa Trump memberi informasi sangat rahasia kepada Menlu Sergey Lavrov dan dutabesar Moskow untuk Amerika, Sergey Kislyak dalam sebuah pertemuan di Gedung Putih.

“Saya tidak memprihatinkan hal itu,” kata McMaster, yang ikut hadir dalam pertemuan.

“Pembicaraan itu tidak menyimpang, dan saya rasa sesuai dengan harapan dari mitra-mitra intelijen kami,” tambahnya.

Berita itu, pertama dimuat di Washington Post dan kemudian di penerbitan lainnya, mengatakan, dan komentar Trump tentang kemungkinan serangan teroris ISIS terhadap penerbangan cukup spesifik sehingga hal itu memberi Rusia cukup informasi untuk melacak sumbernya, sebuah negara yang punya persetujuan berbagi intelijen dengan Washington, dan negara itu tidak akan setuju kalau Amerika berbagi informasi dengan Rusia. [jm]

XS
SM
MD
LG