Tautan-tautan Akses

AS

Gedung Putih Tak Berkomentar soal Foto Satelit Korut Sedang Merakit Roket Baru


Pemimpin Korut Kim Jong Un (kiri) dalam pertemuan dengan Presiden AS Donald Trump di Hanoi, Vietnam (28/2) lalu.

Gedung Putih hari Minggu (10/3) tidak bersedia memberi komentar tentang hasil pemotretan satelit komersial yang menunjukkan Korea Utara sedang merakit sebuah roket baru.

Penasihat keamanan nasional John Bolton mengatakan bahwa Amerika terus memantau Korea Utara, tapi menambahkan dalam wawancara dengan stasiun televisi ABC bahwa “saya tidak akan berspekulasi tentang apa yang ditunjukkan oleh foto yang dibuat satelit komersial itu.”

Foto yang diambil tanggal 22 Februari itu menunjukkan apa yang tampaknya sebagai kegiatan perakitan misil Korea Utara yang baru, tapi Bolton mengatakan, pemerintah Amerika akan menggunakan foto-foto yang dibuat satelitnya sendiri untuk membuat kesimpulan.

Presiden Trump mengatakan setelah pertemuan puncak dengan Kim Jong-un di Hanoi bulan lalu, ia percaya pada janji Kim tidak akan melanjutkan percobaan nuklir ataupun peluncuran rudal.

Ketika ditanya tentang foto-foto satelit itu hari Jumat (8/3), Trump mengatakan ia “akan sangat kecewa” kalau Korea Utara melanjutkan kembali percobaan nuklirnya. Katanya, ia telah banyak memperbaiki hubungan dengan Korea Utara sejak ia menjadi Presiden. (ii)

XS
SM
MD
LG