Tautan-tautan Akses

Gedung Putih Serukan Deeskalasi di Tepi Barat 


Juru bicara Gedung Putih,  Karine Jean-Pierre memberikan konferensi pers di Washington, DC (foto: dok).
Juru bicara Gedung Putih,  Karine Jean-Pierre memberikan konferensi pers di Washington, DC (foto: dok).

Gedung Putih, Jumat (27/1) menyerukan deeskalasi di Israel dan Tepi Barat setelah lonjakan kekerasan dalam beberapa hari terakhir yang telah menewaskan sedikitnya 16 orang.

Berbicara dalam pengarahan singkat juru bicara Gedung Putih, Karine Jean-Pierre mengatakan bahwa pemerintah AS "menyesalkan hilangnya nyawa tak berdosa dan luka-luka yang dialami warga sipil dan sangat prihatin dengan meningkatnya siklus kekerasan di Tepi Barat."

"Kita menegaskan perlunya semua pihak untuk menurunkan ketegangan, untuk mencegah hilangnya lebih banyak nyawa warga sipil dan bekerja sama untuk memperbaiki situasi keamanan di Tepi Barat," tambah Jean-Pierre. "Palestina dan Israel sama-sama layak untuk hidup aman dan nyaman."

Pada Jumat malam, seorang laki-laki bersenjata Palestina melepaskan tembakan di luar sinagoga di Yerusalem timur yang menewaskan tujuh orang, termasuk seorang perempuan berusia 70 tahun, dan melukai tiga lainnya.

Polisi kemudian menembak pelaku dan membunuhnya, kata para pejabat. Serangan itu adalah yang paling mematikan terhadap Israel sejak bertahun-tahun dan meningkatkan kemungkinan pertumpahan darah lebih jauh.

Serangan itu, yang terjadi saat jemaah sedang merayakan Sabat Yahudi, sehari setelah serangan militer Israel yang menewaskan sembilan warga Palestina di Tepi Barat. [my/pp]

Forum

XS
SM
MD
LG