Tautan-tautan Akses

Gedung Putih Pertimbangkan Pilihan dalam Riset Sel Induk


Riset sel induk di Amerika. Sel induk menjanjikan penyembuhan dan pengobatan berbagai jenis penyakit.
Riset sel induk di Amerika. Sel induk menjanjikan penyembuhan dan pengobatan berbagai jenis penyakit.

Seorang hakim federal AS, kemarin menghambat upaya pemerintahan Obama untuk mencabut larangan mengenai riset sel induk menggunakan janin manusia.

Seorang juru bicara Gedung Putih mengatakan pemerintahan Obama sedang mencari cara-cara untuk melanjutkan pendanaan riset sel induk yang menggunakan janin manusia.

Wakil juru bicara Gedung Putih Bill Burton berkata demikian pada para wartawan di negara bagian Massachusetts, dimana Presiden Barack Obama berlibur bersama keluarganya.

Burton mengatakan pejabat-pejabat ingin memastikan para ilmuwan mampu mencapai apa yang disebutnya “riset penyelamatan nyawa yang sangat penting”.

Seorang hakim federal, hari Senin menghambat sementara upaya pemerintahan Obama untuk mencabut larangan-larangan mengenai riset sel induk menggunakan janin manusia, dengan mengambil keputusan bahwa perubahan itu melanggar UU Amerika yang melarang dana pemerintah bagi riset apapun yang memusnahkan janin manusia.

Presiden Obama menandatangani sebuah perintah eksekutif tahun lalu yang mencabut beberapa larangan mengenai pendanaan yang diberlakukan oleh pendahulunya George W. Bush.

Para ilmuwan mengatakan sel batang itu menjanjikan penyembuhan dan pengobatan bagi penyakit-penyakit mulai dari diabetes sampai kelumpuhan. Para pengecam mengatakan menggunakan janin manusia untuk riset tidak bermoral dan sama artinya dengan pemusnahan nyawa manusia.

XS
SM
MD
LG