Tautan-tautan Akses

Gedung Putih: Persetujuan Nuklir AS-Rusia Sudah Dekat


Presiden Barack Obama memberikan briefing kepada para anggota Kongres Rabu mengenai perundingan persetujuan nuklir dengan Rusia.

Presiden Amerika Barack Obama memberikan briefing kepada para anggota Kongres Rabu mengenai perundingan persetujuan nuklir dengan Rusia dimana kedua belah pihak tampaknya sudah hampir mencapai kesepakatan.

Laporan dari Moskow mengatakan semua unsur dari pakta baru ini sudah lengkap. Di Washington, Gedung Putih mengatakan sebuah persetujuan sudah sangat dekat, tetapi pengumuman resminya masih menunggu beberapa hari lagi.

Perunding Amerika dan Rusia bekerja selama berbulan-bulan merundingkan pakta baru ini guna menggantikan Persetujuan Pengurangan Persenjataan Strategis 1991, yang akan berakhir Desember.

Juru Bicara Gedung Putih Robert Gibbs mengatakan persetujuan ini belum selesai sampai Presiden Obama dan mitranya Presiden Rusia Dmitry Medvedev, melakukan konferensi per telepon dalam beberapa hari mendatang.

Sebuah sumber Kremlin yang dikutip Associated Press mengatakan para perunding sepakat dengan teks persetujuan dan sebuah protokol yang terpisah.

XS
SM
MD
LG