Tautan-tautan Akses

6 Negara Besar Selenggarakan Konferensi per Telepon Bahas Nuklir Iran


Tiongkok ikut serta dalam konferensi ini Rabu bersama pejabat senior Deplu Amerika, Inggris, Perancis, Jerman dan Rusia.

Enam negara besar telah menyelenggarakan konferensi jarak jauh lewat telepon guna membahas sebuah usul bagi pemberlakuan sanksi PBB baru terhadap Iran karena program nuklirnya.

Seorang diplomat, yang tidak mau diidentifikasi, mengatakan Tiongkok ikut serta dalam konferensi ini Rabu bersama pejabat senior kementerian luar negeri dari Amerika, Inggris, Perancis, Jerman dan Rusia.

Tiongkok menginginkan dialog lebih lanjut dengan Iran. Selama berminggu-minggu, Tiongkok tidak mau ikut ambil bagian dalam pembicaraan yang difokuskan pada ronde keempat sanksi PBB terhadap Iran karena kegagalannya mematuhi kewajiban internasional sehubungan program nuklirnya.

Diplomat itu mengatakan para pejabat tidak mencapai kesepakatan terhadap usul ini, tetapi sepakat untuk menyelenggarakan konferensi jarak jauh berikutnya dalam waktu dekat.

Juga Rabu, Gedung Putih membicarakan “langkah-langkah berikut” terhadap Iran dalam sebuah konferensi video bersama Perdana Menteri Inggris Gordon Brown, Presiden Perancis Nicolas Sarkozy dan Kanselir Jerman Angela Merkel.

XS
SM
MD
LG