Tautan-tautan Akses

AS

Gedung Putih, Partai Demokrat Lanjutkan Pembicaraan soal Stimulus Covid-19


Ketua DPR AS Nancy Pelosi

Gedung Putih dan Partai Demokrat di Kongres Kamis (27/8) malam akan melanjutkan pembicaraan tentang paket bantuan keuangan virus corona yang terhenti selama berminggu-minggu, karena program tunjangan itu habis bagi jutaan orang Amerika yang menganggur.

Ketua DPR dari Partai Demokrat Nancy Pelosi mengatakan akan berbicara dengan Kepala Staf Gedung Putih Mark Meadows melalui telepon Kamis sore.

"Jika mereka bersedia mengambil jalan tengah, kita bisa bertemu dan berunding," kata Pelosi kepada wartawan. Namun ia menambahkan pemerintahan Trump harus siap menyediakan "lebih banyak" dana dalam perundingan itu untuk membantu pekerja negara bagian dan lokal, petugas kesehatan, responden pertama, guru, dan petugas sanitasi, transportasi dan perawatan kesehatan.

“Bisa menjadi percakapan yang sangat singkat jika mereka tidak siap untuk menempuh jalan tengah,” katanya.

Pelosi dan Pemimpin Partai Demokrat di Senat, Chuck Schumer terakhir kali bertemu dengan Menteri Keuangan Steven Mnuchin dan Meadows akhir Juli, tepat ketika tunjangan pengangguran federal sebesar $ 600 seminggu berakhir untuk jutaan orang Amerika yang kehilangan pekerjaan karena pandemi virus corona.

Pelosi dan tokoh Partai Demokrat lainnya telah mengusulkan perpanjangan tunjangan tersebut, sementara Partai Republik membalas dengan tindakan yang akan menetapkan bantuan sebesar 70% dari upah seorang pekerja sebelum diberhentikan.

Anggota Kongres AS kehabisan waktu sidang untuk merundingkan sebuah kesepakatan. Jadwal kongres mencakup masa tugas yang lebih banyak di distrik masing-masing, yang memungkinkan para anggota Kongres berkampanye menjelang pemilihan di distrik asal mereka.

Mencapai kesepakatan mengenai dana keseluruhan untuk paket bantuan besar-besaran kedua juga akan sulit dalam tahun pemilihan ini. Partai Demokrat menyerukan dana $ 3 triliun dalam anggaran baru sementara Partai Republik mengusulkan $ 1 triliun. [my/ii]

XS
SM
MD
LG