Tautan-tautan Akses

Gedung Putih Kecam Peningkatan Militer di Laut China Selatan


ARSIP – Foto yang diambil tanggal 14 September 2014 memperlihatkan wisatawan China mengambil foto cindera mata seraya memperagakan bendera nasional China saat berkunjung ke Pulau Quanfu, salah satu pulau di Kepulauan Paracel (Foto: AP Photo/Peng Peng, Arsip)

Gedung Putih hari Kamis mengingatkan bahwa China akan menanggung “akibatnya” atas peningkatan kekuatan militernya di Laut China Selatan, yang sebagian wilayahnya diklaim beberapa negara di kawasan itu.

“Kami cukup mengetahui tentang militerisasi China di Laut China Selatan. Kami sudah menyampaikan keprihatinan kami mengenai soal ini langsung pada China dan akan ada dampak jangka pendek dan panjangnya” kata juru bicara Gedung Putih Sarah Sanders. Namun ia tidak menyebut apa akibatnya.

Dalam beberapa tahun belakangan China menguasai beberapa pulau kecil dan pulau karang di sana meskipun diprotes dan diberi peringatan yang bermusuhan oleh pihak lain yang berkepentingan.

Beijing hari Kamis menegaskan haknya membangun fasilitas pertahanan di laut itu tetapi tidak mau mengukuhkan laporan bahwa pihaknya telah memangkalkan misil di pulau buatan yang dibangunnya. Beijing memandang kawasan itu sebagai kunci dalam memajukan garis pertahanannya tidak hanya sebatas pantainya dan untuk menjamin rute pasokan minyak.

Washington bersama negara-negara Barat lain berkeras pertikaian mengenai perairan itu mesti diselesaikan secara hukum dan kebebasan berlayar harus dihormati. [vm/al]

XS
SM
MD
LG