Tautan-tautan Akses

AS

Gedung Putih, Demokrat, Ingin Sepakati Paket Stimulus Corona Pekan Ini


Paket bantuan (stimulus) berupa cek yang dikeluarkan oleh Internal Revenue Service (IRS) untuk membantu warga AS memerangi dampak ekonomi akibat pandemi Covid-19 di San Antonio, Texas, 23 April 2020. (Foto: dok).

Para pejabat Gedung Putih dan pimpinan fraksi Demokrat di Kongres berencana bertemu kembali hari Rabu (5/8) sementara mereka ingin menyepakati paket bantuan terkait virus corona pada akhir pekan ini.

Menteri Keuangan Steven Mnuchin mengatakan setelah perundingan 90 menit hari Selasa (4/8) bahwa tujuannya sekarang ini adalah merampungkan proposal dalam beberapa hari mendatang yang akan memungkinkan Kongres melakukan pemungutan suara mengenai itu pekan depan.

Rabu (5/8) akan menjadi pembicaraan hari ke-tiga berturut-turut antara Mnuchin, kepala staf Gedung Putih Mark Meadows, Ketua DPR Nancy Pelosi dan pemimpin fraksi Demokrat di Senat Chuck Schumer.

“Kami benar-benar membahas masalah demi masalah, mengupayakannya dengan keras,” kata Schumer setelah perundingan hari Selasa. “Mereka membuat beberapa konsesi, yang kami hargai. Kami membuat konsesi, yang mereka hargai. Kami masih jauh berbeda pendapat dalam banyak isu penting, tetapi kami terus melakukannya,” lanjutnya.

Meadows menyebut pertemuan hari Selasa itu sebagai pertemuan mereka yang mungkin paling produktif selama ini.

Kedua pihak masih berselisih pendapat mengenai besarnya paket bantuan yang diusulkan. Demokrat menginginkan 3,4 triliun dolar sedangkan fraksi Republik ingin membatasinya menjadi 1 triliun dolar.

Di antara isu-isu yang dibahas adalah pemberian dana stimulus lagi, membantu para penyewa terhindar dari pengusiran, membantu Dinas Pos dan tindakan untuk mengatasi pembayaran tunjangan pengangguran federal 600 dolar per minggu yang berakhir pekan lalu. [uh/ab]

XS
SM
MD
LG