Tautan-tautan Akses

AS

Gedung Putih dan Kongres Siapkan Langkah untuk Lindungi Ekonomi dari Dampak Corona


Presiden AS Donald Trump dan Menkeu Steven Mnuchin (kanan) berbicara kepada media setelah bertemu anggota Kongres Partai Republik di gedung Capitol (10/3).

Pasar keuangan di Amerika hari Rabu (11/3) masih dalam situasi tidak menentu karena para investor menunggu untuk mendengar langkah apa yang akan diambil pemerintah federal untuk melindungi ekonomi dari dampak virus corona.

Ketika jumlah kasus yang dikonfirmasi di AS naik menjadi lebih dari 1.050, Organisasi Kesehatan Dunia secara resmi menyatakan virus tersebut sebagai pandemi global, menandakan tanggapan kesehatan masyarakat harus bergeser untuk mengurangi dampak virus, yang sekarang dianggap ada di seluruh dunia, daripada hanya mencegah penyebarannya di dalam negeri.

Dengan besarnya tekanan yang dihadapi Gedung Putih dan Kongres untuk menanggapi krisis ini, Rabu pagi Menteri Keuangan Steven Mnuchin mengatakan pemerintah akan segera mengumumkan penundaan batas waktu untuk mengajukan laporan pajak pendapatan 2019 setelah 15 April.

"Itu akan berdampak dengan mengembalikan $200 miliar lebih ke dalam perekonomian," katanya, "dan itu akan menciptakan stimulus yang sangat besar."

Pengumuman itu disambut dengan pujian oleh beberapa pakar yang mengatakan setidaknya langkah itu bisa menjadi bagian dari tanggapan yang masuk akal terhadap krisis yang sedang berlangsung.

Sementara itu, pemerintah negara-negara bagian dan kota-kota di AS merespon pandemi virus corona dengan melarang pertemuan besar untuk memperlambat penyebaran virus itu.

Negara bagian Washington hari Rabu diperkirakan akan mengumumkan larangan pertemuan untuk lebih dari 250 orang di kota Seattle dan sekitarnya. Setidaknya 24 orang di negara bagian itu, yang paling terimbas di AS, meninggal akibat COVID-19, sebagian besar di daerah Seattle. Larangan itu akan berlaku untuk lebih dari 4 juta orang.

County dan kota San Francisco, di California, telah memerintahkan larangan acara yang dihadiri 1.000 orang atau lebih. Klub Golden State Warriors dari National Basketball Association (NBA) hari Rabu mengumumkan pertandingan besok malam melawan Brooklyn Nets akan dimainkan tanpa dihadiri oleh penonton.

Di Washington DC, ibukota AS, para pejabat kota mendesak penundaan "pertemuan massa yang tidak penting" yang dihadiri sekurangnya 1.000 orang. Rekomendasi itu akan tetap berlaku sampai akhir bulan. [my/lt]

Lihat komentar (1)

XS
SM
MD
LG