Tautan-tautan Akses

Gedung Putih akan Gelar KTT Demokrasi Maret 2023


Presiden AS Joe Biden akan menjadi tuan rumah KTT Demokrasi internasional di Gedung Putih bulan Maret 2023.

Gedung Putih pada Selasa (29/11) mengumumkan bahwa Konferensi Tingkat Tinggi Demokrasi internasional akan diselenggarakan Maret 2023 dan dituanrumahi bersama Kosta Rika, Belanda, Korea Selatan dan Zambia.

KTT yang pertama kali digelar tahun 2021 itu akan menunjukkan kemampuan negara-negara demokrasi dalam mengatasi “tantangan terbesar dunia,” kata Gedung Putih.

Presiden AS Joe Biden telah membuat persaingan antara negara-negara demokrasi dengan negara-negara otokrasi, seperti China dan Rusia, sebagai tema sentral pemerintahannya.

Masalah itu juga bersifat pribadi bagi Biden, yang memulai jabatannya sebagai presiden di bawah bayang-bayang percobaan pembatalan hasil pilpres oleh pendahulunya, Donald Trump, yang belum pernah terjadi.

“Kita sedang hidup melalui era yang sarat akan tantangan terhadap tata kelola yang akuntabel dan transparan. Dari perang agresi hingga perubahan iklim, ketidakpercayaan masyarakat dan transformasi teknologi, semakin jelas bahwa seluruh dunia memerlukan sosok-sosok pejuang demokrasi pada semua tingkatan,” menurut pernyataan bersama para negara tuan rumah.

KTT Demokrasi Biden yang kedua diumumkan ketika spekulasi tentang apakah Biden akan maju dalam Pilpres AS 2024 atau tidak terus berkembang. [rd/ka]

Forum

XS
SM
MD
LG