Tautan-tautan Akses

Gates: Perang di Afghanistan Tugas Sulit


Menhan Gates mengatakan, meskipun tercapai kemajuan, upaya perang di sana masih lebih lamban dari target semula.

Perang di Afghanistan, kata menteri pertahanan Amerika Robert Gates, adalah perang yang sulit, tapi momentumnya telah bergeser ke arah yang menguntungkan bagi pasukan Amerika dan koalisinya.

Kata Menhan Gates lewat siaran televisi hari Minggu, usaha mencapai sukses di Afghanistan lebih lambat daripada yang diharapkan, meskipun tercapai kemajuan melawan Taliban di Afghanistan bagian selatan.

Peningkatan jumlah korban pasukan Amerika di Afghanistan, khususnya dalam musim panas ini, meskipun sudah diperkirakan, namun menurut Menhan Gates, banyak orang terlalu cepat mengatakan bahwa perang yang dilancarkan Amerika di sana sedang mengalami kemunduran.

Sementara itu di Afghanistan, dua ledakan yang terjadi hampir bersamaan di ibukota propinsi Helmand, Afghanistan selatan menewaskan sedikitnya dua orang dan melukai sedikitnya 19 orang lainnya.

Jurubicara gubernur propinsi Helmand, Daud Ahmadi, mengatakan seorang anak perempuan dan sedikitnya satu lainnya tewas hari Minggu dalam ledakan pertama di kota Lashkar Gah. Ia mengatakan 14 orang terluka dalam ledakan itu.

Para pejabat mengatakan lima orang, termasuk seorang tentara Afghanistan, terluka dalam ledakan kedua di dekat sebuah sekolah.

XS
SM
MD
LG