Tautan-tautan Akses

AS

Fraksi Demokrat, Tim Hukum Trump Beri Argumen Penutup yang Kuat


Manajer pemakzulan dari Fraksi Demokrat, Zoe Lofgren, memberikan argumen penutup dalam sidang pemakzulan Presiden Donald Trump di Senat, di Gedung Capitol, Washington, 3 Februari 2020.

Fraksi Demokrat di DPR yang melakukan penuntutan dalam kasus pemakzulan Presiden Donald Trump dan juga tim pembelanya mengajukan argumen penutup yang kuat dalam sidang di Senat pada Senin (3/2/2020). Namun, tampaknya Trump akan dibebaskan dari semua tuduhan.

Anggota DPR Adam Schiff, manajer pemakzulan yang memimpin penuntutan Trump berdasarkan dua pasal pemakzulan, mengimbau ke-100 anggota Senat yang berperan sebagai juri agar menjatuhkan hukuman yang setimpal.

“Kami telah membuktikan kesalahan Donald Trump. Kini Anda harus memberlakukan keadilan yang tidak memihak dan menghukum dia,” ujarnya.

Schiff bertanya kepada ke-53 Senator Republik yang menjadi mayoritas di Senat, “Apakah ada di antara Anda yang bisa mengatakan, Ini sudah cukup?”

Schiff mengatakan Trump harus dicopot dari jabatannya karena minta Presiden Ukraina menyelidiki pesaingnya dalam pemilihan 2020, mantan wakil presiden Joe Biden, dan memblokir penyaluran bantuan militer senilai $391 juta untuk Kyiv.

Namun, para pengacara Trump menyerukan pembebasan dirinya dari tuduhan pada Rabu mendatang saat Senat melakukan pemungutan suara. Pengacara Gedung Putih memberitahu para senator tidak ada bukti kesalahan yang dilakukan Trump, dan satu-satunya solusi adalah “menyerahkannya kepada pemilih” untuk menentukan nasib Trump. [jm/pp]

XS
SM
MD
LG