Tautan-tautan Akses

Forum Regional ASEAN Berfokus pada Korea dan Laut China Selatan


Menlu AS Mike Pompeo (tiga dari kiri) berfoto bersama para Menlu negara-negara ASEAN dalam pertemuan di Bangkok, Thailand, 1 Agustus 2019.
Menlu AS Mike Pompeo (tiga dari kiri) berfoto bersama para Menlu negara-negara ASEAN dalam pertemuan di Bangkok, Thailand, 1 Agustus 2019.

Menteri-menteri luar negeri ASEAN mengadakan serangkaian pertemuan di ibukota Thailand, Bangkok, pekan ini, dengan dimulainya Forum Regional ASEAN hari Jumat.

ASEAN mendorong kerjasama ekonomi, politik dan keamanan di antara 10 negara anggotanya: Brunei, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam.

Selain para menteri luar negeri ASEAN, Menteri Luar Negeri Amerika Mike Pompeo, Menteri Luar Negeri Korea Selatan Kang Kyung-wha, Menteri Luar Negeri Australia Marise Payne, dan Menteri Luar Negeri China Wang Yi juga ambil bagian dalam sidang-sidang regional.

Pada masa lalu, pertemuan ASEAN juga digunakan sebagai kesempatan melakukan pembicaraan antara para pejabat Amerika dan Korea Utara. Akan tetapi Menteri Luar Negeri Korea Utara, Ri Yong-ho tidak muncul untuk mengikuti pertemuan dengan Amerika hari Kamis.

Pompeo mengatakan ia tetap “optimistis” pembicaraan diplomatik dengan Korea Utara akan dimulai dalam waktu dekat.

Beberapa ledakan bom menghantam Bangkok hari Jumat. Belum jelas benar apakah ledakan ini terkait dengan pertemuan ASEAN. [uh/lt]

XS
SM
MD
LG