Tautan-tautan Akses

Para Menlu ASEAN Mulai Pertemuan Tahunan di Thailand


Foto para Menlu ASEAN bersama Menlu China di Bangkok, Thailand, 31 Juli 2019.
Foto para Menlu ASEAN bersama Menlu China di Bangkok, Thailand, 31 Juli 2019.

Para menteri luar negeri negara-negara Asia Tenggara membuka pertemuan tahunan mereka, Rabu (31/7), dengan seruan dari tuan rumah Thailand untuk memperdalam integrasi dalam menghadapi tantangan global yang meningkat, dan sebuah janji dari China bahwa perselisihan terkait ketegangan di Laut Cina Selatan akan diselesaikan dalam pertemuan itu.

Pertemuan itu sendiri berlangsung dengan dibayang-bayangi ketegangan keamanan yang meningkat di Semenanjung Korea, klaim wilayah China yang agresif di Laut Cina Selatan, dan perang dagang AS-China.

Asosiasi Negara-negara Asia Tenggara (ASEAN), blok 10 negara yang berusaha mengeraskan suara mereka di ajang dunia, juga menjadi tuan rumah bagi sejumlah menteri luar negeri negara-negara yang menjadi mitra strategis dan dialog penting ASEAN, seperti Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo, Menteri Luar Negeri China Wang Yi dan Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov.

Dalam sambutannya, Menlu Thailand Don Pramudwina, mengatakan kepada sejawat-sejawatnya dari ASEAN, bahwa mereka harus lebih cekatan dalam menghadapi semangat nasionalisme yang akhir-akhir ini semakin mendunia. Ia menegaskan, terlalu mengutamakan kepentingan negara sendiri dan berpikiran sempit bukanlah pilihan bagi negara-negara ASEAN. Ia memperingatkan jalan yang dihadapi ASEAN pada masa depan kemungkinan tidak akan mudah, namun kerjasama antara negara sesama anggota dan mitra-mitra dari luar blok itu akan membantu mempertahankan pertumbuhan jangka panjang.

Menlu China Wang Yi, pada pertemuan itu, mengatakan, Beijing dan negara-negara ASEAN saat ini terfokus pada usaha menyelesaikan perselisihan dengan sepatutnya dan berjanji untuk bersama-sama mempertahankan perdamaian dan keamanan di wilayah itu. [ab/uh]

Recommended

XS
SM
MD
LG