Tautan-tautan Akses

Forum Pengungsi Global Pertama Digelar di Jenewa


Seorang anak perempuan pengungsi Suriah yang meninggalkan Lebanon, melihat melalui jendela saat tiba di Qalamoun, Suriah, 28 Juni 2018. PBB akan menggelar Forum Pengungsi Global untuk pertama kalinya. Pertemuan dimulai hari ini, Senin, 16 Desember 2019 dan berlangsung tiga hari.

Lebih dari 2.000 pemerintahan, PBB, dan para pemimpin bisnis serta perwakilan masyarakat madani dan badan-badan kemanusiaan berkumpul di Jenewa untuk menghadiri Forum Pengungsi Global yang baru pertama kali diadakan.

Pertemuan tiga hari yang akan dimulai Senin (16/12) bertujuan untuk menentukan pendekatan baru dan menyepakati komitmen jangka panjang untuk membantu para pengungsi dan komunitas yang menampung mereka.

Penyelenggara Forum bersiap menyambut para kepala negara dari Jerman, Turki, Pakistan, Kosta Rika, Etiopia, Somalia serta tokoh-tokoh penting lain yang akan menghadiri acara ini.

Lebih dari 70 juta orang di seluruh dunia terpaksa mengungsi akibat perang, konflik dan persekusi. Di antara mereka adalah lebih dari 25 juta pengungsi yang melewati perbatasan internasional dan tidak bisa pulang.

Badan pengungsi PBB (UNHCR) mengatakan lebih dua pertiga pengungsi di seluruh dunia berasal dari hanya lima negara: Suriah (6,7 juta), Afghanistan (2,7 juta), Sudan Selatan (2,3 juta), Myanmar (1,1 juta), dan Somalia (0,9 juta). UNHCR mengatakan data terkini menunjukkan Turki merupakan negara yang menampung jumlah pengungsi terbanyak, yaitu 3,7 juta, kebanyakan dari Suriah. [vm/ft]

Lihat komentar (1)

Forum ini telah ditutup.
XS
SM
MD
LG