Tautan-tautan Akses

AS

Florida Peringatkan Badai Irma Semakin Dekat


Gubernur Florida Rick Scott memberikan keterangan kepada wartawan terkait upaya persiapan pemerintah negara bagian tersebut menghadapi badai Irma (Foto: dok).

Sementara Badai Irma mendekat ke arah Florida, para pejabat di sana memperingatkan jutaan orang bahwa waktu untuk mengungsi semakin sempit setelah badai itu menewaskan sedikitnya 22 orang di Karibia dan menimbulkan kerusakan dahsyat.

Florida telah meminta 5,6 juta orang, atau lebih dari seperempat populasi negara bagian itu, agar mengungsi, sebelum badai itu diperkirakan mencapai daratan pada hari Minggu.

Gubernur Florida Rick Scott menyebut Irma sebagai badai dahsyat yang belum pernah terjadi di negara bagian itu sebelumnya, dan menyatakan badai itu lebih luas daripada negara bagian Florida. Ia memperingatkan bahwa waktu semakin sempit karena badai hampir tiba di daratan Florida.

Para pakar cuaca menetapkan jalur yang berpotensi dilalui badai itu hari Jumat mengarah ke pesisir barat Florida. Ini berarti daerah metropolitan Miami yang berpenduduk enam juta orang akan terhindar dari terjangan langsung badai tersebut.

Irma kembali menjadi badai kategori 5 Jumat malam setelah sebelumnya diturunkan intensitasnya menjadi kategori 4 yang juga masih kuat. Para pakar cuaca menyatakan Irma, yang dianggap yang paling kuat yang pernah tercatat di Atlantik, mungkin akan mempertahankan intensitasnya saat mendekati daratan Amerika Serikat.

Badai ini diperkirakan akan melanda kawasan Florida Keys dan bagian selatan Semenanjung Florida pada Minggu pagi.

Presiden Donald Trump dan kabinetnya dijdawalkan mengadakan rapat pada hari Sabtu untuk membahas Badai Irma. [uh]

XS
SM
MD
LG