Tautan-tautan Akses

Rawan Bencana, Banyak Properti di Florida Tanpa Asuransi


Warga di kota Miami, Florida, AS bersiap-siap menghadapi ancaman banjir akibat badai Irma, Kamis (7/9).

Ketika badai Irma melanda Florida, pengamatan oleh kantor berita Associated Press menunjukkan tajamnya penurunan dalam asuransi banjir di seluruh negara bagian itu, termasuk wilayah yang paling terancam oleh badai dahsyat.

Menurut data Badan Manajemen Darurat Federal, hanya dalam lima tahun, jumlah total asuransi banjir federal turun 15 persen. Pemilik properti Florida masih membeli asuransi banjir federal yang jauh lebih banyak daripada negara bagian lainnya, sebanyak 1,7 juta polis asuransi, yang menanggung aset bernilai sekitar $ 42 miliar, namun sebagian besar penduduk yang tinggal di zona berbahaya sangat terancam oleh badai ini.

Dengan garis pantai sepanjang 1.350 mil, yang terpanjang di Amerika Serikat, Florida memiliki sekitar 2,5 juta rumah yang terletak di zona bahaya, lebih dari tiga kali lipat dari negara bagian lain, demikian taksiran FEMA atau Badan Pengelola Darurat Federal. Namun, dari 38 county di pesisir Florida, hanya 42 persen rumah ditanggung oleh asuransi.

Tingkat asuransi banjir Florida secara keseluruhan untuk rumah di zona bahaya hanya mencapai 41 persen. Lembaga Perkreditan Rumah atau yang dikenal dengan Fannie Mae, mengharuskan peminjam kredit rumah yang memiliki properti membeli asuransi ini agar memenuhi syarat untuk mendapat pinjaman yang dijamin pemerintah federal, namun dalam 59 persen kasus, asuransi itu tidak dibayar. Premi tahunan rata-rata berkisar $4.200 di Horseshoe Beach, sebuah kota dengan 169 penduduk, di mana 78 persen asuransi telah dibatalkan sejak 2012, dan turun menjadi sekitar $ 200 di beberapa kota. Kebanyakan premi antara $ 300 sampai $ 500.

Di wilayah-wilayah yang menerima perintah evakuasi hari Rabu, di mana 1,3 juta rumah diperkirakan berada di zona bahaya banjir, persentasinya bahkan lebih rendah 34,3 persen.

Secara nasional, hanya separuh dari 10 juta properti yang wajib diasuransikan terhadap bahaya banjir mempunyai asuransi, kata Roy Wright, yang mengelola Program Asuransi Banjir Nasional. Dia mengatakan kepada AP pekan lalu bahwa dia ingin melipatgandakan jumlah asuransi yang dijual secara nasional dalam waktu dekat.

Namun, banyak warga Florida menggunakan uang mereka untuk perbaikan akibat banjir, sama seperti penduduk di Houston, di mana tanggungan untuk asuransi banjir turun 9 persen sejak 2012. [ps/jm]

XS
SM
MD
LG