Tautan-tautan Akses

Flint Siap Mendapat Aliran Air dari Danau Huron


Walikota Flint, Dr. Karen Weaver (paling kiri), menyambut kunjungan Presiden Obama ke Flint (Foto: AP Photo/Carolyn Kaster)
Walikota Flint, Dr. Karen Weaver (paling kiri), menyambut kunjungan Presiden Obama ke Flint (Foto: AP Photo/Carolyn Kaster)

Kota Flint akan memperoleh air dari Otorita Air Karegnondi setelah sistem pengairan itu siap. Walikota Flint, Karen Weaver, mengatakan kontrak Flint dengan otorita urusan air sulit diputuskan. Pembiayaan pembangunan pipa akan dirundingkan dengan pemerintahan Michigan dan pejabat distrik Genesee.

Walikota Flint Karen Weaver hari Selasa (21/6) mengatakan kota Flint akan memperoleh air dari Otorita Air Karegnondi segera setelah sistem pengairan itu siap, meskipun ia mengancam akan membatalkan perjanjian untuk bergabung dengan sistem air itu pasca krisis yang tercemar timbal beberapa waktu lalu.

Walikota Karen Weaver mengatakan kontrak Flint dengan otorita urusan air sulit diputuskan. Ia sebelumnya mengatakan tidak akan bergabung dengan sistem air regional di Detroit itu, meskipun sudah ada perjanjian dengan Karegnondi. Pasokan air Flint diubah dari Detroit ke Sungai Flint sebagai akibat dari pemangkasan anggaran tahun 2014, tetapi air itu tidak diolah sebagaimana mestinya dan mengakibatkan karat pada pipa-pipa yang mengandung timbal.

Weaver mengatakan Flint telah berunding dengan pemerintahan Michigan dan pejabat-pejabat distrik Genesee tentang bagaimana membiayai pembangunan jalur pipa sepanjang tiga mil yang dibutuhkan dalam proyek itu. Distrik Genesee akan membayar pra-konstruksi dan Michigan akan menanggung bersama biaya sambungannya dengan Flint.

Juga ada diskusi tentang alokasi lebih banyak kursi perwakilan untuk Flint di dewan yang mengatur Otorita Air Karegnondi.

Gubernur Rick Snyder mengatakan jalur pipa sepanjang tiga mil itu akan menelan biaya sekitar tujuh juta dolar dan pemerintahan Michigan akan menyediakan sekitar 4,2 juta dolar dalam bentuk hibah. Ditambahkannya, ia menghargai kerjasama yang terselenggara untuk menyediakan “pasokan air yang baik dan aman bagi kota Flint.” [em]

XS
SM
MD
LG