Tautan-tautan Akses

Film dengan Tokoh Perempuan Lebih Unggul di Box Office


Daisy Ridley berpose untuk para fotografer saat dia tiba di penayangan perdana untuk Eropa, film "Star Wars: The Force Awakens" di London, 16 Desember 2015.

Hasil kajian baru menunjukkan film dengan tokoh perempuan, secara konsisten mengungguli film-film dengan pemeran utama laki-laki di box office.

Kajian itu diprakarsai Time's Up, organisasi yang dibentuk oleh tokoh-tokoh perempuan dalam industri hiburan untuk meningkatkan kesetaraan gender. Organisasi itu menganalisis 350 film terlaris di dunia yang dirilis antara Januari 2014- Desember 2017.

Didapati bahwa berapapun anggarannya, film dengan perempuan sebagai tokoh utama rata-rata meraup pendapatan global yang lebih baik.

Peneliti juga mendapati, ke-11 film yang akan meraup $1 miliar di box office juga lulus tes Bechdel, sistem yang dibuat oleh kartunis Alison Bechdel yang menilai film berdasar apakah dua tokoh perempuan melakukan percakapan tentang apa saja selain tentang laki-laki.

Dari 350 film yang dikaji, ada 105 film menampilkan pemeran utama perempuan, sedangkan 245 menampilkan tokoh laki-laki. Film-film dengan anggaran tertinggi memiliki perbedaan terbesar. Dalam film-film dengan anggaran lebih dari $100 juta, terdapat 75 film dengan tokoh utama laki-laki dan 19 film dengan tokoh utama perempuan.[ka]

XS
SM
MD
LG