Tautan-tautan Akses

Fiat Chrysler dan Serikat Pekerja Raih Kesepakatan Sementara


Kantor pusat perusahaan Fiat Chrysler di Auburn Hills, Michigan.

The United Auto Workers dan Fiat Chrysler hari Sabtu (30/11) mencapai kesepakatan sementara tentang kontrak kerja selama empat tahun yang mencakup investasi sembilan miliar dolar, tetapi masih membutuhkan persetujuan akhir dari para pekerja.

Kedua pihak menolak merinci isi kesepakatan itu, tetapi jika kesepakatan itu diratifikasi maka hal itu mencakup: bonus sembilan ribu dolar bagi para pekerja, janji untuk tidak menutup pabrik mana pun di mana kendaraan Fiat Chrysler dirakit, dan komitmen untuk tetap memproduksi kendaraan di pabrik Belvidere, Illinois.

Dewan nasional UAW-FCA akan melangsungkan pertemuan pada 4 Desember untuk mengkaji kesepakatan tentatif itu. Jika disetujui, kesepakatan itu akan dikirim ke serikat pekerja Fiat Chrysler Automobile yang beranggotakan 47.000 pekerja. Sementara pemungutan suara tentang gaji dan jam kerja akan dimulai pada 6 Desember.

Fiat Chrysler adalah perusahaan terakhir yang menyelesaikan kontrak kerja baru dengan serikat pekerja. Sebelumnya General Motors (GM) menyelesaikan kontrak kerja pada 31 Oktober setelah pemogokan massal selama 40 hari yang melumpuhkan pabrik-pabrik perusahaan itu di Amerika. Tetapi Ford mencapai perjanjian dengan cepat dan menyelesaikannya pada pertengahan November. (em/ii)

Lihat komentar (1)

Recommended

XS
SM
MD
LG