Tautan-tautan Akses

Fiat-Chrysler dan Renault Ingin Ciptakan Raksasa Global


Tulisan "Fiat Chrysler Automobiles (FCA)" terpampang di depan kantor pusatnya di Auburn Hills, Michigan.

Perusahaan pembuat mobil Fiat Chrysler hari Senin mengajukan merger dengan Renault untuk mengatasi biaya teknologi dan perubahan regulasi.

Jika berlanjut kesepakatan penggabungan senilai $ 35 miliar itu akan mengubah lahan persiangan termasuk dengan General Motors dan Peugeot PSA Group, yang baru-baru ini mengadakan pembicaraan tanpa kesimpulan dengan Fiat Chrysler dan bisa memacu kesepakatan lebih banyak lagi.

Renault mengatakan sedang mempelajari proposal dari Fiat Chrysler dengan penuh minat.

Saham-saham di kedua perusahaan itu melonjak lebih dari 10 persen ketika para investor menyambut prospek bisnis yang mampu memperluas produksi lebih dari 8,7 juta kendaraan setahun dan menghemat $ 5,6 miliar per tahun.

Seorang analis yakin usulan merger Fiat Chrysler-Renault akan membuat kelompok itu lebih kuat di pasar mobil China. Usulan Fiat-Chrysler untuk menggabungkan Renault akan menciptakan pembuat mobil terbesar ketiga di dunia dan menggabungkan investasi mereka dalam persaingan untuk membuat kendaraan listrik dan swakemudi baru.

Matteo Caroli, profesor Bisnis Internasional di LUISS University, mengatakan kesepakatan Renault dengan Nissan dan Mitsubishi bisa membantu merger menjadi lebih kompetitif di kawasan China, ketika para pembuat mobil mengembangkan teknologi baru. (my)

Recommended

XS
SM
MD
LG