Tautan-tautan Akses

Festival di Kroasia, Bergantung dengan Pengait di bawah Kulit


Para peserta ambil bagian dalam festival bergelantungan di atas laut dengan tali baja di kota Pula, Kroasia.
Para peserta ambil bagian dalam festival bergelantungan di atas laut dengan tali baja di kota Pula, Kroasia.

Di Kroasia sedang berlangsung festival bergelantungan di atas laut dengan tali baja. Pengait baja itu bukan dipasang di tali yang diikatkan ke tubuh peserta melainkan di bawah kulit. Sakit? Jelas! Tetapi di situlah sensasinya.

Dengan pengait di bawah kulit punggungnya, Meredith diangkat dengan tali baja. Ia kemudian bergelantungan di atas Laut Tengah, menikmati "intensitas" dari apa yang tampaknya sangat menyakitkan.

Berasal dari Boston, Meredith datang ke Pula di Kroasia. Bersama seorang teman, ia mengikuti festival bergelantungan di tali baja di atas Laut Tengah.

Proses dimulai dengan mencari lokasi untuk memasukkan pengait yang terbuat dari logam.

Dino Helvida dari Suspension Above the Sea atau bergelantungan di atas laut mengatakan bahwa ia sudah berbisnis ini selama 12 tahun. Soal bagian mana dari tubuh yang mudah dipasangi logam pengait dan tidak terlalu menyakitkan, ia mengatakan, “Itu tergantung pada masing-masing orang. Tetapi bagi saya, lutut adalah yang paling mudah, lalu punggung, dada jauh lebih intens. Setiap bagian tubuh memiliki intensitas yang berbeda."

Meredith memilih punggung. Dino menusukkan jarum ke bawah kulit lalu memasukkan pengait yang kemudian diikatkan pada tali baja untuk mengangkat dan memungkinkannya bergelantungan.

Meredith menggambarkan proses ini sebagai "sedikit kasar".

Salah seorang peserta mengaitkan dua pengait baja di bawah kulit punggungnya sebelum bergelantungan di kota Pula, Kroasia.
Salah seorang peserta mengaitkan dua pengait baja di bawah kulit punggungnya sebelum bergelantungan di kota Pula, Kroasia.

Dino menjelaskan, "Kulit di punggung sangat kuat. Satu pengait mampu mengangkat minimal 300 kilo (gram). Saya pernah mencoba. Kulit di punggung betul-betul kuat."

Dino mengatakan mereka menggunakan alat-alat yang steril. Tali baja untuk suspensi dipilih yang berkualitas baik dan mampu mengangkat beban sampai 2,5 ton.

Bagaimana rasanya bergelantungan di atas laut dengan pengait di bawah kulit? Tentu sakit, cetus peserta festival. Tetapi juga membuat mereka introspektif.

Meredith mengungkapkan, "Saya senang keseluruhan prosesnya dari awal sampai akhir, termasuk perasaan sakit dan tegangnya. Proses memasukkan logam, meski agak kasar, saya suka sekali.”

Helia dan Meredith dari AS mengaku suka, usai ambil bagian dalam festival bergelantungan di Pula, Kroasia.
Helia dan Meredith dari AS mengaku suka, usai ambil bagian dalam festival bergelantungan di Pula, Kroasia.

Peserta lain, Helia, mengungkapkan, "Saya tidak senang ketika dimasukkan jarum dan logam. Bagian itu sangat sakit. Saya ke sini bukan untuk merasa sakit, justru untuk mengatasi rasa sakit. Tetapi yang terjadi setelah itu, saya benar-benar menyukainya."

Sedangkan bagi Maja, ini adalah kesempatan untuk lebih selaras dengan tubuh dan merasakan ketidaknyamanan. Ia percaya bahwa pengalaman ini mendorong kita keluar dari zona nyaman, namun secara keseluruhan menyenangkan.

“Menurut saya, rasa senang muncul setelah rasa sakit. Selalu ada transisi. Sebagian benar-benar menyenangkan dan sebagian lain tidak pernah menyenangkan. Namun, ini mendorong kita untuk introspeksi diri.”

Dino Helvida percaya bergelantungan di atas laut bisa membantu orang melepaskan emosi yang terpendam. [ka/jm]

Festival di Kroasia, Gelantungan di atas laut dengan Pengait di bawah Kulit
mohon tunggu

No media source currently available

0:00 0:03:37 0:00

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG