Tautan-tautan Akses

AS

FBI Selidiki Upaya untuk Cemarkan Jaksa Khusus Robert Mueller


Jaksa Khusus AS Robert Mueller meninggalkan Gedung Capitol di Washington DC (foto: dok).

FBI sedang menyelidiki klaim seorang perempuan yang namanya tidak diketahui bahwa ia ditawari $ 20.000 untuk menuduh Jaksa Khusus Robert Mueller melakukan kekerasan seksual.

Mueller sedang menyelidiki dugaan bahwa kampanye Presiden Trump bersekongkol dengan Rusia untuk mencampuri pemilu 2016. Ia juga sedang menyelidiki apakah Trump berusaha menghalang-halangi penyelidikan itu.

Dalam sebuah pernyataan publik yang langka, juru bicara Mueller, Peter Carr hari Selasa mengatakan "ketika pekan lalu kami mendengar tuduhan bahwa perempuan ditawari uang untuk membuat klaim palsu mengenai jaksa khusus, kami segera merujuk masalah itu kepada FBI untuk diselidiki."

Carr tidak memberikan rincian kasus yang mungkin merupakan upaya untuk menjatuhkan Mueller sementara penyelidikan berlanjut.

Kantor-kantor berita mengatakan seorang perempuan tak dikenal menghubungi mereka melalui email, mengklaim seseorang menawarkan uang kepadanya untuk mengatakan Mueller menyerangnya secara seksual pada tahun 1970-an ketika mereka bekerja di FBI.

Perempuan itu mengatakan orang yang menghubunginya mengaku bekerja untuk aktivis Partai Republik dan pembawa acara radio beraliran kanan, Jack Burkman.

Burkman menyebut dirinya "korban penipuan" dan ia tidak membayar siapa pun.

Namun, pekan lalu ia mengatakan di Facebook dan tweet akan "mengungkapkan korban serangan seksual pertama Jaksa Khusus Robert Mueller. Saya memuji keberanian, martabat, dan keteguhan serta kekuatan klien saya," tulis Burkman. (my)

XS
SM
MD
LG