Tautan-tautan Akses

AS

Fauci: AS Anggarkan $3,2 Miliar untuk Pil Anti-Viral COVID-19


Pemerintah AS menganggarkan 3,2 miliar dolar untuk memajukan pengembangan pil anti-virus untuk COVID-19 (foto: ilustrasi).

Pakar penyakit menular terkemuka di Amerika, Dr. Anthony Fauci mengatakan Amerika menganggarkan 3,2 miliar dolar untuk memajukan pengembangan pil anti-virus untuk COVID-19.

Dr. Anthony Fauci, pakar penyakit menular AS
Dr. Anthony Fauci, pakar penyakit menular AS

Ketika mengumumkan investasi baru itu dalam konperensi pers di Gedung Putih hari Kamis (17/6), Fauci mengatakan sebagai bagian dari “program baru anti-virus untuk pandemi,” investasi ini akan mengembangkan obat-obatan untuk mengatasi gejala-gejala yang ditimbulkan virus yang berpotensi berbahaya, seperti virus corona.

Pil, yang akan digunakan untuk meminimalkan gejala setelah penularan, sedang dalam pengembangan dan tersedia pada akhir tahun nanti, sambil menunggu penyelesaian uji klinis.

Fauci mengatakan program baru itu akan menanamkan investasi dalam “mempercepat hal-hal yang sudah berlangsung” bagi COVID-19, tetapi juga berfungsi untuk inovasi terapi baru bagi virus lain.

“Ada beberapa obat yang ada untuk banyak virus yang berpotensi menjadi pandemi,” ujar Fauci. Namun ditambahkannya, “vaksin jelas tetap menjadi senjata utama kami.” [em/lt]

XS
SM
MD
LG