Tautan-tautan Akses

Facebook Hapus 66.000 Pesan Bernuansa Kebencian


Facebook menghapus 66.000 pesan bernuansa kebencian dalam satu minggu (foto: ilustrasi).

Facebook kini menghapus 66.000 pesan dalam satu minggu ketika raksasa media sosial itu “membersihkan” apa yang dinilai sebagai pernyataan-pernyataan bernuansa kebencian.

Dalam blog yang dipasang di internet hari Selasa (27/6) Facebook mengatakan menghapus pesan-pesan itu bisa “terasa seperti sensor” tetapi pihaknya sedang berupaya menjelaskan proses tersebut secara lebih baik.

Facebook mengatakan pihaknya mendefinisikan pernyataan bernuansa kebencian atau hate-speech sebagai serangan terhadap orang berdasarkan ras, orientasi seksual dan “karakteristik lain yang sedianya terlindungi.”

Perusahaan di Menlo Park, California itu mengatakan selama ini mereka terutama mengandalkan pada dua miliar pengguna media sosial itu untuk melaporkan pesan-pesan bernanda kebencian yang mereka lihat. Tim di Facebook kemudian akan mengkaji ulang pesan tersebut dan memutuskan apakah perlu menghapusnya atau tidak.

Facebook Inc mengatakan pihaknya mempekerjakan 4.500 orang untuk mengkaji pesan-pesan yang ada dan berencana menambah 3.000 orang lagi tahun depan.

Dalam dua bulan terakhir ini jumlah pesan yang dihapus itu naik. [em/ii]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG