Tautan-tautan Akses

Facebook Cetak Kenaikan Laba Bersih Di Tengah Isu Iklan Rusia


Aplikasi Facebook tampak di layar ponsel, 3 Agustus 2017.
Aplikasi Facebook tampak di layar ponsel, 3 Agustus 2017.

Kontroversi seputar upaya Rusia menggunakan Facebook untuk mengalihkan suara para pemilih pada pemilihan presiden Amerika 2016, tampaknya tidak berpengaruh pada kinerja keuangan jejaring media sosial terbesar di dunia ini.

Facebook melaporkan hasil laba bersih dan pendapatan kuartalan yang lebih baik dari yang diperkirakan pada Rabu (2/11), seiring dengan upaya perusahaan tersebut untuk masuk ke iklan video.

Saham Facebook yang menyentuh rekor pada sesi awal perdagangan, sempat naik pada perdagangan setelah sesi penutupan, namun kemudian jatuh ke level negatif. Saham Facebook telah naik sebanyak 60 persen sepanjang tahun ini.

Kepala Eksekutif Mark Zuckenberg mengutuk upaya Rusia untuk mempengaruhi hasil pemilihan presiden tahun lalu melalui unggahan di Facebook yang dirancang untuk menebar perpecahan. Dia juga mengulangi janjinya untuk menaikkan pengeluaran untuk meningkatkan keamanan jejaring sosial, sebuah langkah yang menurut Zuckenberg pada Rabu, akan mempengaruhi laba.

"Apa yang mereka lakukan salah dan kami tidak akan membelanya," kata Zuckenberg merujuk kepada Rusia, dalam paparan kepada analis melalui sambungan telepon.

Pendapatan total Facebook dari iklan naik sebanyak 49 persen di kuartal ketiga menjadi 10.14 miliar dolar. Sekitar 88 persen dari pendapatan iklan berasal dari iklan melalui ponsel.

Analis rata-rata memperkirakan total pendapatan akan mencapai 9,71 miliar dolar, menurut perusahaan data dan analitik, FactSet.

Pada kuartal ketiga ini, para pengiklan untuk pertama kalinya bisa menampilkan iklan di video-video mandiri, di luar Lini Masa Facebook dan perusahaan sudah melihat hasil yang bagus, kata Chief Operating Officer, Sheryl Sandberg, kepada para analis.

"Video sedang berkembang pesat dan iklan melalu mobile video adalah kesempatan besar," kata Sandberg menjelaskan.

Facebook meraup kenaikan penjualan iklan sebanyak 49 persen di kuartal ketiga, dibandingkan kenaikan sebanyak 47 persen di kuartal sebelumnya dan kenaikan sebanyak 51 persen pada kuartal pertama.

Facebook mengatakan 2.07 miliar orang menggunakan jasanya setiap bulan hingga 30 September, naik 16 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya.

Para analis rata-rata memperkirakan 2.06 miliar pengguna aktif, menurut FactSet.

Laba bersih naik menjadi 4.71 miliar dolar atau 1.59 dolar per saham, dari 2.63 miliar dolar atau 90 sen per saham.

Angka laba bersih Facebook lebih tinggi dari perkiraan analis yang memperkirakan perusahaan ini akan mencetak laba bersih 1,28 dolar, menurut Thomson Reuters I/B/E/S.

Pendapatan total naik 47,3 persen menjadi 10,33 miliar dolar, melampaui angka perkiraan analis yang memperkirakan pedapatan akan mencapai 9,84 miliar dolar, menurut Thomson Reuters I/B/E/S. [fw/au]

XS
SM
MD
LG