Tautan-tautan Akses

AS

Juri Setujui Tuntutan Pertama Keterlibatan Rusia di Pilpres AS


Penyelidik Khusus, Robert Mueller, setelah pertemuan tertutup dengan Komite Hukum Senat di Washington, 21 Juni 2017.

Dewan juri federal Amerika menyetujui tuntutan pertama dalam penyelidikan tentang pengaruh Rusia dalam pemilihan presiden Amerika, demikian menurut laporan beberapa media besar.

Keputusan dewan juri itu yang merupakan hasil penyelidikan yang dipimpin penyelidik khusus, Robert Mueller, pertama kali dilaporkan oleh CNN Jumat (27/10) malam. Stasiun televisi itu mengutip sumber yang mengatakan siapa pun yang dituntut bisa ditahan secepatnya Senin (30/10). Dakwannya masih belum jelas.

Kantor berita Reuters, harian Wall Street Journal dan stasiun televisi NBC News kemudian menerbitkan laporan serupa. Semua laporan dari sumber yang namanya tidak disebut.

Presiden Donald Trump Sabtu (28/10) mengunjungi Trump National Golf Club di Sterling, Virginia. Tiga cuitannya sepanjang Sabtu tidak terkait laporan tersebut.

Jumat malam, presiden mengunggah pesan di media sosial, menautkan laporan Harian New York Post berjudul: How Team Hillary Played the press for fools on Russia.

Pejabat Gedung Putih belum mengomentari kegiatan presiden Sabtu, tetapi VOA melihat presiden keluar dari serambi utara kediaman itu, masuk ke mobil dan konvoi presiden melaju 40 menit menuju tempat pribadinya di sepanjang Sungai Potomac.

Mueller menolak berkomentermengenai penyidikan itu. Juru bicara kantor Mueller menolak permintaan komentar mengenai laporan media tentang dakwaan tersebut. [ka]

XS
SM
MD
LG