Tautan-tautan Akses

Evakuasi di Kabul Meningkat, Biden Pertahankan Tenggat 31 Agustus


Pesawat Angakatan Udara AS Boeing C-17 Globemaster terus melakukan evakuasi warga sipil di bandara Kabul, Afghanistan (23/8).

Beberapa sekutu AS sedang mengevakuasi warga mereka dari bandara Kabul - termasuk warga Afghanistan yang bekerja bersama mereka dan yang sekarang sangat berharap untuk segera pergi dari negara itu.

Banyak pemimpin kelompok G7 meminta Presiden Joe Biden untuk memperpanjang tenggat 31 Agustus bagi penarikan pasukan AS. Namun dalam pidato yang disiarkan televisi setelah KTT secara virtual, Joe Biden menegaskan bahwa AS tetap berpatokan pada jadwal itu.

“Semakin cepat bisa terselesaikan, akan lebih baik. Setiap hari operasi-operasi itu memberi risiko tambahan bagi pasukan kita,” kata Biden.

Taliban juga menyatakan tidak akan mengizinkan perpanjangan batas waktu 31 Agustus 2021. Jadi, sekutu AS menyatakan tidak punya pilihan selain mematuhi jadwal tersebut.

Beberapa negara G-7 menjanjikan bantuan keuangan. Uni Eropa telah menyisihkan $1,2 miliar untuk Afghanistan.

Saat ini, fokus AS dan sekutunya tetap pada evakuasi yang sulit dan berbahaya di tengah kekacauan di bandara Kabul. [mg/ka]

Lihat komentar (2)

Recommended

XS
SM
MD
LG