Tautan-tautan Akses

Era Partai Buruh Usai, Tony Abbott PM Australia Baru


Tony Abbott (tengah) dikelilingi istri dan ketiga putrinya naik ke atas panggung merayakan kemenangan Abbott di Sydney, Sabtu (7/9).
Tony Abbott (tengah) dikelilingi istri dan ketiga putrinya naik ke atas panggung merayakan kemenangan Abbott di Sydney, Sabtu (7/9).

Kemenangan Tony Abbott dari partai koalisi oposisi Liberal-Nasional mengakhiri pemerintahan Partai Buruh selama enam tahun terakhir.

Perdana Menteri Australia Kevin Rudd hari Sabtu mengakui kekalahan dalam Pemilu nasional yang menempatkan oposisi konservatif negara itu ke kekuasaan.

Kemenangan Tony Abbott dari partai koalisi oposisi Liberal-Nasional mengakhiri pemerintahan Partai Buruh selama enam tahun.

Kampanye Pemilu ini didominasi kekhawatiran mengenai ekonomi, pencari suaka dan perubahan iklim.

Pemilu diselenggarakan hanya tiga bulan setelah Rudd menggulingkan perempuan perdana menteri pertama Australia Julia Gillard, dalam tantangan kepemimpinan partai guna menempatkan Partai Buruh dalam posisi yang lebih baik untuk pemilu nasional.

Pengangguran di Australia merayap naik, dan kedua partai berusaha meyakinkan pemilih bahwa mereka bisa menjamin kemakmuran ekonomi masa depan.

Kedua kandidat juga mengusulkan kebijakan imigrasi yang keras guna mencegah pencari suaka berlayar memasuki perairan Australia untuk mendapat penampungan.

Recommended

XS
SM
MD
LG