Tautan-tautan Akses

Empat Negara Jadi Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan PBB


Suasana sidang Dewan Keamanan PBB di New York, 26 Februari 2020.

Empat negara, Rabu (17/6), terpilih untuk masa jabatan dua tahun di Dewan Keamanan PBB, pemungutan suara pertama yang dilakukan di badan dunia itu di tengah pandemi virus corona.

India, Irlandia, Meksiko dan Norwegia akan bergabung dengan dewan itu pada 1 Januari 2021 secara rotasi. Namun keputusan tentang siapa yang akan menduduki kursi mewakili Afrika baru akan diputuskan dalam pemungutan suara putaran kedua pada Kamis (18/6), karena tidak ada satu negara pun – Kenya dan Djibouti – yang meraih dua per tiga suara mayoritas.

Pemungutan suara ini dilangsungkan di aula Majelis Umum dengan letak tempat duduk berjauhan. Pertengahan Maret lalu PBB menutup kantor pusat di New York ketika pandemi virus corona meluas di seantero kota itu.

New York sedang memulai tahap pertama dimulainya kembali perekonomian negara itu, yang sifatnya sangat terbatas, dan hal ini tidak mencakup berlangsungnya pertemuan besar yang melibatkan ratusan diplomat sebagaimana yang biasanya dilakukan.

Negara-negara yang baru terpilih ini akan menggantikan anggota dewan sebelumnya yaitu Belgia, Republik Dominika, Jerman, Indonesia dan Afrika Selatan. Mereka akan menjadi anggota tidak tetap dewan itu bersama Estonia, Niger, St. Vincent, Grenada, Tunisia dan Vietnam; bersama lima anggota tetap yaitu Inggris, Tiongkok, Perancis, Rusia dan Amerika. [em/ft]

XS
SM
MD
LG